RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia, PPKn, dan
Matematika
Kelas/Semester : II (dua)/1 (satu)
Tema : 3/ Tugasku Sehari-hari
Subtema :
4/Tugas dalam Kehidupan Sehari-hari
Pembelajaran :
1
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (1
hari)
KOMPETENSI INTI (K I)
KI 1. : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
KI 3. : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah dan di sekolah
KI 4. :
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR
- Kompetensi Dasar PPKn:
3.1 Mengenal simbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya
terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
- Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia:
3.2 Mengenal teks cerita
narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
- Kompetensi Dasar Matematika:
3.5 Mengenal satuan waktu dan
menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
INDIKATOR
- PPKn
3.1.5
Mengidentifikasi perilaku tidak mencerminkan nilai Pancasila
3.1.8
Memberikan alasan menghindari perilaku yang bertentangan dengan nilai
Pancasila
2. Bahasa Indonesia
3.2.6 Membaca teks percakapan
3. Matematika
3.5.5 Membaca waktu yang ditunjukkan oleh jam dengan menggunakan satuan
waktu
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Dengan
teks percakapan “Si Ulat dan Si Semut”, siswa dapat membaca teks percakapan
dengan cermat dan disiplin
2 Dengan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi
simbol sila Pancasila dan lambang Garuda Pancasila, serta perilaku yang
bertentangan dengan nilai Pancasila secara cermat dan percaya diri
3.Dengan mengamati gambar, siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan oleh
jam
Menggunakan satuan waktu dengan cermat.
II.
MATERI POKOK
PPKn
Simbol-simbol
sila Pancasila dan lambang Garuda Pancasila
Matematika
Penggunaan jam analog
Bahasa Indonesia
Teks percakapan
III. PENDEKATAN PEMBELAJARAN/METODE PEMBELAJARAN/MODEL PEMBELAJARAN
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN : Pendekatan Saintifik
METODE
PEMBELAJARAN : Tanya jawab, diskusi, penugasan
MODEL PEMBELAJARAN :
Kunjung karya
IV . LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Langkah Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
||
Kelas
|
Waktu
|
|||
1.
|
Pra Kegiatan :
1) 1. Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a
bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2) 2. Memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
|
Klasikal
|
3 menit
|
|
2.
|
Pendahuluan /Kegiatan
Awal:
|
|
|
|
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif
berkaitan materi:
Anak-anak
apa yang sudah kalian
lakukan di pagi ini ? apa kalian sudah melaksanakan tugas-tugas kalian
dengan baik ?
|
Klasikal
|
5 menit
|
||
Informasi
Materi:
Menurut kalian hari ini
kita akan belajar apa ? Hari ini kita akan
belajar tema 3 tentang Tugas
Sehari-hari subtema 4 “Tugas dalam
Kehidupan Sehari-hari”
|
||||
Informasi
Tujuan:
Menurut kalian mengapa
kita mempelajari ini ? harapan Ibu kalian bisa melaksanakan tugas-tugas kalian dengan baik dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||||
|
Informasi
langkah kegiatan pembelajaran
Guru menyampaikan yang harus dilakukan siswa, yaitu guru
akan membagi siswa menjadi berkelompok,
siswa mendiskusikan materi yang dibagikan, kemudian dilakukanlah kunjung
karya yakni sebagian kelompok sebagai penjaga karyanya yang bertugas memberi penjelasan
kepada kelompok lain, dan sebagian mengunjungi karya kelompok lain untuk mendapatkan
informasi yang nantinya juga akan dibagi kepada kelompok yang menunggu
karyanya.
|
|||
3.
|
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
1.
Guru
memberikan penjelasan mengenai:
2.
Siswa
mengamati gambar-gambar yang disediakan oleh guru
3.
Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya jawab maupun menyatakan pendapatnya
4.
Siswa
mencatatat informasi yang didapat dan menemukan konsep mengenai materi
|
klasikal
|
10 menit
|
|
Elaborasi
5.
Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok (dengan cara berhitung)
6.
Guru mebagikan soal yang
berbeda kepada tiap-tiap kelompok.
(dengan diundi)
7.
Secara berkelompok siswa mengerjakan soal
yang telah diberikan guru.
a.
Kelompok 1
dan 2: menyusun gambar ulat dan semut,
serta merangkai teks percakapan
b.
Kelompok 3
dan 4: menyusun gambar pancasila, serta mengidentifikasi perilaku yang sesuai
dan tidak sesuai dengan nilai Pancasila.
c.
Kelompok 5
dan 6: menunjukkan jam analog berdasarkan gambar deskripsi
8.
Hasil penyelesaian soal
ditulis dalam selembar kertas manila..
9.
Hasil pekerjaan tiap kelompok
kemudian di pajang di dinding sekitar kelas.
10. Dilakukan pembagian tugas tiap kelompok. Ada anggota kelompok yang
bertugas menjaga karyanya dan yang lainnya berjalan-jalan untuk mengunjungi karya kelompok- kelompok
lain.
11. Siswa sebagai penjaga karya diharapkan mampu memberi penjelasan kepada anggota kelompok lain yang
membutuhkan penjelasan terkait penyelesaian yang dipajang.
12. Bagi anggota kelompok yang betugas berkunjung pada kelompok lain
di samping berhak mendapat penjelasan juga berhak memberi masukkan dan
koreksi terhadap pekerjaan kelompok yang dikunjunginya dengan menuliskannya
di lembar pekerjaan kelompok tersebut.Kelompok yang berkunjung mencatat pekerjaan kelompok
yang dikunjungi.
13. Setelah waktu yang telah ditentukan selesai, masing-masing anggota
yang berkeliling kembali ke kelompok asal.
14. Setelah kembali anggota kelompok bertukar informasi berdasarkan
hasil kunjungan yang telah dilakukan.
|
Kelom pok
|
30 menit
|
||
Konfirmasi
15. Selanjutnya guru berkeliling untuk mengecek hasil pekerjaan dan
melihat hal-hal yang perlu diperbaiki
dan memberikan komentar terhadap hasil pekerjaan tiap-tiap kelompok.
16. Guru melakukan koreksi terhadap pekerjaan tiap-tiap kelompok secara klasikal.
|
klasikal
|
10 menit
|
||
4.
|
Penutup/Kegiatan Akhir:
|
|
|
|
|
Simpulan :
a)
Cara
menulis teks percakapan
b)
Lambang dan
bunyi sila Pancasila
c)
Perilaku
yang sesuai dengan nilai Pancasila dan perilaku yang tidak sesuai dengan
nilai Pancasila
|
klasikal
|
5 menit
|
|
Evaluasi :
|
klasikal
|
10 menit
|
||
Refleksi :
|
. klasikal
|
2 menit
|
||
Tindak Lanjut:
|
klasikal
|
2 menit
|
||
V. MEDIA/ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
MEDIA/ALAT :
- Gambar-gambar
- Kertas manila
SUMBER :
- Buku siswa kelas II tema 3 “Tugasku Sehari-hari”
- Buku siswa kelas II tema 3 “Tugasku Sehari-hari”
- Internet
VI. PENILAIAN
a.
Prosedur : Proses dan Produk
b.
Jenis Penilaian :
Test dan Non test
c.
Teknik Penilaian : tulis, lisan, perbuatan, observasi dll
d.
Bentuk Penilaian :
Subyektif dan obyektif
e.
Alat
Penilaian : Soal, kunci jawaban dan standar penskoran,
Lembar
pengamatan dan rubrik/standar
penskoran
f.
Instrumen
Penilaian :
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)
Tes tertulis : skor
Skor maksimal : 100
Penilaian : (Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100
Konversi nilai (0-100)
|
Predikat
|
Klarifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kurang)
|
3. Penilaian Keterampilan
a)
Hasil Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria 1 : Menggunakan kata tanya yang sesuai
Kriteria 2 : Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
Kriteria 3 : Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
Kriteria 4 : Menggunakan kata tanya yang bervariasi
b)
Menggambar jam analog
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Ketepatan dalam
pengukuran
|
Jarak angka pada jam
analog dan lingkaran jam dibuat dengan ukuran yang tepat serta dikerjakan
tanpa bimbingan guru.
|
Jarak angka
pada jam
analog kurang
tepat namun
lingkaran jam
dibuat dengan
ukuran yang
tepat serta
dikerjakan
tanpa
bimbingan
guru
|
Jarak angka
pada jam
analog kurang
tepat namun
lingkaran jam
dibuat dengan
ukuran yang
tepat serta
dikerjakan
tanpa
bimbingan
guru
|
Jarak angka
pada jam
analog kurang
tepat namun
lingkaran jam
dibuat dengan
ukuran yang
tepat serta
dikerjakan
tanpa
bimbingan
guru
|
2.
|
Ketepatan jawaban
|
Membuat 5 gambar yang tepat dari gambar yang dibuat
|
Membuat 4 gambar yang tepat dari gambar yang dibuat
|
Membuat 2 gambar yang tepat dari gambar yang dibuat
|
Membuat 1 gambar yang tepat dari gambar yang dibuat
|
Kegiatan Pengayaan:
1. Jika siswa sudah dapat menggambar jam analog, siswa
ditugaskan untuk menggambar jam analog dengan berbagai bentuk
2. Jika siswa sudah dapat membuat tabel tentang
perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila, siswa ditugaskan melaporkan isi
tabel yang dibuatnya.
Kegiatan Remedial:
1. Jika siswa kesulitan menggambar jam analog, siswq
ditugaskan untuk membuat jam analog lagi dengan bimbingan guru.
3. Jika siswa kesulitan menulis berkaitan dengan
perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila,siswa dibimbing guru untuk menulis
4. Jika siswa kesulitan menirukan berbagai gerakan
simbolik, siswa dibantu temannya menirukan berbagai gerakan simbolik..
Malang, ………………………….
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.................................
|
Guru Kelas
............................
|
LAMPIRAN:
·
RANGKUMAN MATERI
·
LEMBAR KEGIATAN SISWA KELOMPOK
·
LEMBAR
KEGIATAN EVALUASI SISWA (INDIVIDU)
·
KUNCI JAWABAN
LAMPIRAN 1
RANGKUMAN MATERI (= KUNCI JAWABAN LEMBAR KEGIATAN
SISWA KELOMPOK)
Materi 1: Teks Percakapan
(Suatu ketika
Si Ulat menemukan buah jambu manis di ranting pohon yang tidak begitu tinggi)
Si Ulat : “Waaah…jambu, hmm....nyam–nyam, pasti rasanya manis. Coba
Aaahh (Si Ulat bersiap menyantap jambu
itu….)
Si Semut : “Hai… ulat! Apa kamu tidak melihat ada aku di sini? Jambu ini
Milikku, aku yang lebih dulu
menemukannya, jadi aku yang berhak memilikinya. Pergi kamu dari sini sebelum kupanggilkan
teman–temanku untuk
mengusirmu.”
Si Ulat : Hai… semut
serakah, jangan begitu dong. Jambu ini kan besar
dan bulat, jadi cukup untuk kita makan berdua.
Si Semut : Tidak bisa,
jambu ini milikku, aku yang pertama kali menemukannya. Jangan coba–coba kamu memakannya. Pergi sana, cari jambu yang lain, dasar pemalas!
Si Ulat : Apa kamu bilang, aku pemalas? Kamu yang serakah, sini kalau
berani.
Si Semut : Siapa takut, akan kugigit kamu sampai habis.
Si Ulat : Rasakan
gatalnya bulu–buluku nanti.(Semut dan Ulat mulai
saling
gigit, tiba-tiba mereka terkejut)
Anak : Hai… ada
jambu besar, lumayan siang–siang begini. (Semut dan
Ulat
berhenti berkelahi, mereka saling
memandang)
Si Semut : Ada juga yang mau makan jambu ini.
Si Ulat : Bagaimana kalau dia yang makan, kita tidak dapat apa-apa dong.
Si Semut+ SI
Ulat : (diam … berpikir)
Si Semut : Aku ada ide. Kita takut–takuti saja dia, bagaimana?
Si Ulat : Baiklah …
aku setuju ide itu! (Begitu anak
hendak memasukkan
jambu itu ke mulutnya, Semut dan Ulat segera beraksi. Semut
berdiri di atas kepala Ulat,
menjadi binatang baru yang
mengerikan)
Anak : Toloong...ada hewan aneh, toloong. (lari terbirit-birit)
Si Semut + Si
Ulat : Ha...ha...rasakan. Ini gunanya berteman, yuk kita makan
jambu ini bersama-sama.
Materi 2 :
waktu dengan jam analog
|
|
Siti ke masjid pukul
17.30
|
Meli ke kelenteng pukul
06.30
|
|
|
|
|
Lany ke vihara pukul
14.30
|
Beny pergi ke gereja
pukul 07.30
|
|
|
|
|
Edo pulang dari gereja
pukul 13.30
|
Dayu pergi ke pura
pukul 15.30
|
|
|
Materi 3 : Pancasila
Sikap yang sesuai
dengan nilai Pancasila
|
Perilaku yang
tidak sesuai dengan Pancasila
|
Rendah hati
|
Sombong
|
Hemat
|
Serakah
|
Peduli
|
Tidak ramah
|
LAMPIRAN 2
LEMBAR KERJA
SISWA KELOMPOK
KELOMPOK 1 DAN 2
(Suatu ketika
Si Ulat menemukan buah jambu manis di ranting pohon yang tidak begitu tinggi)
Si Ulat : “Waaah…jambu, hmm....nyam–nyam, pasti rasanya manis. Coba
Aaahh (Si Ulat bersiap menyantap jambu
itu….)
Si Semut : “Hai… ulat! Apa kamu tidak melihat ada aku di sini? Jambu ini
Milikku, aku yang lebih dulu
menemukannya, jadi aku yang berhak memilikinya. Pergi kamu dari sini sebelum kupanggilkan
teman–temanku untuk
mengusirmu.”
Si Ulat : Hai… semut
serakah, jangan begitu dong. Jambu ini kan besar
dan bulat, jadi cukup untuk kita makan berdua.
Si Semut : Tidak bisa,
jambu ini milikku, aku yang pertama kali menemukannya. Jangan coba–coba kamu memakannya. Pergi sana, cari jambu yang lain, dasar pemalas!
Si Ulat : Apa kamu bilang, aku pemalas? Kamu yang serakah, sini kalau
berani.
Si Semut : Siapa takut, akan kugigit kamu sampai habis.
Si Ulat : Rasakan
gatalnya bulu–buluku nanti.(Semut dan Ulat mulai
saling
gigit, tiba-tiba mereka terkejut)
Anak : Hai… ada
jambu besar, lumayan siang–siang begini. (Semut dan
Ulat
berhenti berkelahi, mereka saling
memandang)
Si Semut : Ada juga yang mau makan jambu ini.
Si Ulat : Bagaimana kalau dia yang makan, kita tidak dapat apa-apa dong.
Si Semut+ SI
Ulat : (diam … berpikir)
Si Semut : Aku ada ide. Kita takut–takuti saja dia, bagaimana?
Si Ulat : Baiklah …
aku setuju ide itu! (Begitu anak
hendak memasukkan
jambu itu ke mulutnya, Semut dan Ulat segera beraksi. Semut
berdiri di atas kepala Ulat,
menjadi binatang baru yang
mengerikan)
Anak : Toloong...ada hewan aneh, toloong. (lari terbirit-birit)
Si Semut + Si
Ulat : Ha...ha...rasakan. Ini gunanya berteman, yuk kita makan
jambu ini bersama-sama
KELOMPOK 3 DAN
4
|
|
Siti ke masjid pukul
17.30
|
Meli ke kelenteng pukul
06.30
|
|
|
|
|
Lany ke vihara pukul
14.30
|
Beny pergi ke gereja
pukul 07.30
|
|
|
|
|
Edo pulang dari gereja
pukul 13.30
|
Dayu pergi ke pura
pukul 15.30
|
|
|
KELOMPOK 5 DAN 6
Perilaku yang
sesuai dengan nilai Pancasila
|
Perilaku yang
tidak sesuai dengan Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN 3
LEMBAR KEGIATAN EVALUASI SISWA (INDIVIDU)
Nama:...........................
Kelas:...........................
|
|
|
|
|
|
2 . a) pasangkan lambang sila dengan bunyi sila
Pancasila berikut dengan benar !
b) tuliskan perilaku yang
sesuai dengan nilai Pancasila dan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai
Pancasila pada tabel berikut !
Perilaku yang
sesuai dengan nilai Pancasila
|
Perilaku yang
tidak sesuai dengan nilai Pancasila
|
Rendah hati
|
Sombong
|
Hemat
|
Serakah
|
Peduli
|
Tidak ramah
|
3.Buatlah teks percakapan pendek tentang ‘waktu’
LAMPIRAN 4
KUNCI JAWABAN LEMBAR KEGIATAN EVALUASI SISWA
- 1) 07.30
2) 03.30
3) 05.30
4) 06.30
5) 01.30
6) 02.30
2. a) pasangan lambang sila dan bunyi sila yang benar
b) Perilaku yang sesuai dengan
nilai Pancasila dan perilaku yang tidak sesuai
dengan nilai Pancasila dalam bentuk tabel.
Perilaku yang
sesuai dengan nilai Pancasila
|
Perilaku yang
tidak sesuai dengan nilai Pancasila
|
Rendah hati
|
Sombong
|
Hemat
|
Serakah
|
Peduli
|
Tidak ramah
|
3.Contoh percakapan
tentang ‘waktu’
Dian : “Hai Ika... selamat pagi !”
Ika : “Hai Dina...pagi juga.!”
Dian : “Bagaimana kabarmu hari ini ?”
Ika : “Aku baik, kamu bagaimana ?”
Dian : “Alhamdulillah aku juga baik”
Ika : “Sekarang pukul 06.30 sudah sampai
sekolah tadi Dian berangkat pukul berapa ?”
Dian : “Aku berangkat pukul 06.15 Ika, kamu
berangkat pukul berapa ?”
Ika : “Aku berangkat pukul 06.20 ”
Dian : “Berarti kamu hanya membutuhkan waktu 10
menit untuk sampai di sekolah ya.”
Ika : “Iya Dian, aku lebih cepat sampai
daripada kamu, kamu membutuhkan waktu 15
menit untuk sampai di sekolah”
Dian : “Iya Ika, itu benar sekali. Kalau begitu
aku duluan ke kelasku ya, sampai ketemu lagi”
Ika : “Iya Ika silahkan. Aku masih mau
menunggu teman sekelasku di gerbang sekolah
sini dulu”
Dian : “Da....”
Ika : “Da...”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar